Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru VGA - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Rabu, 03 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru VGA

VGA NVIDIA RTX

Melihat Teknologi Ray Tracing pada NVIDIA RTX

Teknologi Terbaru - NVIDIA secara resmi memberitahukan rumpun kartu grafis terbaru NVIDIA RTX dalam ajang Gamescom 2018 bulan lalu.

Seperti yang kita sudah ketahui, NVIDIA RTX adalah GPU generasi baru, dengan arsitektur Turing yang telah dilengkapi sebanyak teknologi canggih. Tentunya, RTX menawarkan performa yang lebih baik dari GTX.

Pihak NVIDIA melafalkan Turing menjadi fondasi yang kuat guna NVIDIA RTX. Mengusung moto Graphics Reinvented, NVIDIA hendak menunjukkan sekian banyak  terobosan yang bakal memanjakan seluruh kalangan penikmat visual, tergolong gamer. 


Jika melihat sekian banyak  informasi yang telah beredar, konsumen sadar bahwa NVIDIA RTX menekankan teknologi yang dinamakan Ray Tracing.


Ray Tracing ialah teknologi yang memanfaatkan penyinaran untuk menyerahkan kesan realistis pada objek dalam grafis. Pada dasarnya, Ray Tracing bakal memberikan akibat terhadap tiga aspek: bayangan, refleksi, dan refraksi.

“Cahaya bakal membuat bayang-bayang objek lebih gelap,” kata NVIDIA Director of Technical Marketing, APAC Jeffrey Yen dalam konferensi pers terbatas yang dilangsungkan di Bangkok, Selasa 25 September 2018.

Dalam contohnya, Jeff menunjukkan ilustrasi berupa ruangan kecil yang di dalamnya terdiri dari sejumlah objek. Dengan pencahayaan, objek dapat menghasilkan bayang-bayang yang tepat dan lebih natural.

Hasil gambar untuk robot
“Ray Tracing pun memberikan refleksi objek yang lebih baik,” ungkap Jeffrey. Refleksi ini adalahaspek kedua yang hendak ditekankan Ray Tracing.

Sebelumnya, objek dalam grafis ingin mengutamakan dirinya sendiri. Ini mengakibatkan mereka tidak dapat merefleksikan objek beda di sekitarnya. Ray Tracing memungkinkan satu objek menyerahkan refleksi yang mencukupi terhadap objek lain.


Contoh mudahnya ialah sebuah benda yang dapat memantulkan warna dan cahaya dari objek yang terdapat di sebelahnya. Refleksi berikut yang ingin diciptakan lebih akurat oleh Ray Tracing.


“Dengan begitu lingkungan visual menjadi lebih hidup,” jelas Jeffrey. Refleksi yang akurat pun harus ada saat satu objek bergerak.

“Ia mesti dapat menghasilkan pergerakan bayang-bayang yang cocok dengan objek, baik tersebut bergerak secara bolak-balik, atau ketika objek beda di sekitarnya bergerak.”

Aspek ketiga yang hendak ditekankan ialah refraksi. Ini mengacu pada pergerakan lebih dari satu objek, yang tetap menyerahkan efek optic yang sesuai.

Hasil gambar untuk robot

Ketika ada sejumlah objek bergerak sekaligus, contohnya puluhan bola kecil yang tumpah dari suatu wadah, seluruh bola akan menyerahkan kesan yang sesuai, terlepas saat mata pemakai tidak melihat sejumlah bola itu.

NVIDIA lantas memberikan misal lain melewati video yang mereka beri nama Project Sol di bawah ini.

Skenario Project Sol ialah memperlihatkan penyinaran dalam sekian banyak  situasi visual, dengan objek yang dapat menghasilkan bayang-bayang secara akurat, merefleksikan objek dengan detil, dan memperlihatkan refraksi yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar