Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru 2020 - Teknologi Terbaru 1 | Technology News 2 | News Technology 2

Breaking

About Me

Kamis, 25 Juli 2019

Teknologi Terbaru | Teknologi Terbaru 2020

Kenali kecanggihan Snapdragon 865 yang disiapkan untuk Flagship 2020

Mengenal Kecanggihan Snapdragon 865 yang Dipersiapkan untuk Flagship 2020

Teknologi Terbaru - Gelombang ponsel flagship ber-chipset Snapdragon terus mengalir deras. Tak puas, Qualcomm belum lama ini mengerjakan upgrade terhadap prosesor itu menjadi SD855 Plus.

Kini ketika tidak sedikit ponsel gaming muncul menggunakan Snapdragon 855 Plus, Qualcomm sudah mempersiapkan chipset guna smartphone unggulan di 2020. Meskipun pemberitahuan resminya sejumlah bulan lagi, laman Phone Arena menulis sudah terdapat informasi yang lumayan untuk dijadikan sebagai tampilan mula pada platform seluler ruang belajar atas mendatang tersebut.

Apakah chipset bakal mengantar era baru komputasi mobile atau melulu membawa kita penambahan kinerja tahunan? Nah, dari apa yang diketahui sejauh ini, bakal ada tidak banyak dari kedua bagian tersebut. Beberapa urusan yang benar-benar next-gen digabung dengan pendapatan daya yang diinginkan konsumen. 


Penyegaran yang Bermakna
Tahun lalu, industri menyaksikan chip ponsel menciut dari arsitektur 10nm ke 7nm dan Snapdragon 855 menjadi salah satunya. Dan tahun ini tidak demikian, tidak bakal ada penyempitan ukuran transistor. 

Sebagai gantinya, evolusi yang akan anda lihat ialah dalam proses produksi. Snapdragon 865 diberitakan diproduksi memakai teknologi Samsung EUV (ultra-violet) alih-alih FinFET TSMC, yang dipakai untuk 855. Qualcomm memakai TSMC untuk buatan chip sebelumnya sebab perusahaan mempunyai manufaktur 7nm dengan keterampilan skala besar sebelumnya. Tetapi kini Samsung pulang masuk dalam ekosistem dengan teknologi unggul yaitu no-brainer. Ini tidak melulu akan memprovokasi efisiensi jalur buatan tapi pun akan mempunyai efek nyata pada kinerja chip baru.

EUV menjanjikan penambahan kinerja 20-30% dan antara 30-50% penambahan konsumsi daya. Angka-angka tersebut selaras dengan ekspektasi keseluruhan tentang Snapdragon 865. Peningkatan ini pun akan datang dari pemakaian desain inti CPU generasi teranyar Arm: Cortex-A77. Berdasarkan keterangan dari Arm, A77 menawarkan penambahan kinerja 20% dikomparasikan Cortex-A76, yang adalahbasis guna empat dari delapan core CPU Snapdragon 855.


Sama laksana pendahulunya, inti Cortex-A77 dirancang supaya mudah digabungkan  dengan inti Cortex-A55 yang bisa menangani tugas-tugas yang tidak terlampau menuntut. Tentu saja, Qualcomm akan menanam twist pada core Cortex dan menciptakan core Kryo sendiri guna chipset baru. 

Ini berarti Snapdragon 865 CPU bisa jadi akan mempunyai komposisi yang sangat serupa dengan 1 inti Kryo dengan clock lebih tinggi menurut Cortex-A77, 3 core Kryo clock rendah menurut pada desain yang sama, dan 4 core Kryo menurut pada Cortex-A55.

Ini ialah jenis evolusi yang anda lihat masing-masing tahun, bareng dengan persentase yang sama dalam performa dan masa gunakan baterai. Tetapi berikut sesuatu yang tidak tidak jarang kita dapatkan.

Snapdragon 865 Didukung RAM DDR5
Kita melulu bisa berpindah antar generasi kenangan DDR yang bertolak belakang setiap sejumlah tahun sekali, yang menciptakan setiap penambahan menjadi masalah besar. Dan demikian halnya dengan LPDDR5. Dibandingkan dengan LPDDR4x yang ketika ini dipakai yang mempunyai kecepatan transfer sampai 4.266 Mbps, LPDDR5 akan menambah jumlah tersebut menjadi 6.400Mbps atau bertambah 50%!

Ini bakal memengaruhi nyaris semua aspek kinerja ponsel pemakai. Fitur memungkinkan kita menciptakan atau membuka file besar dan software berat lebih cepat, game berlangsung lebih lancar, multitasking dan berpindah antaraplikasi bakal lebih cepat juga. Bahkan kamera Anda bakal mendapat guna dari RAM yang lebih cepat sebab fotografi komputasi memakai sumber daya perlengkapan keras ponsel lumayan berat dan bidikan yang kompleks. Misalnya memakai Mode Malam bakal lebih cepat diproses.


Dikombinasikan dengan penyimpanan yang lebih cepat, UFS 3.0 LPDDR5 RAM bakal menghasilkan empiris pemakai yang jauh lebih baik dan bahkan dapat membuat keuntungan dari CPU baru.

Sedikit yang diketahui mengenai GPU yang bakal dipasangkan CPU di Snapdragon 865, namun aman guna mengatakan tersebut akan dinamakan Adreno 650 dan membawa kinerja game yang lebih baik. Teknologinya pun membawa peningkata pada barang grafis lainnya. 

Namun yang lebih menarik ialah Qualcomm menambahkan sokongan untuk HDR10 +, tapi tersebut bukan HDR10 + yang telah didukung oleh chip ketika ini. Perusahaan ini mengenalkan standarnya sendiri guna video HDR.

Untuk menciptakan hal-hal semakin membingungkan, fitur itu disebut sama dengan standar HDR10 Plus Samsung yang ada. Mudah-mudahan, pada ketika chip baru diluncurkan, anda akan mempunyai kejelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara keduanya. Sekaligus menjelaskan kenapa Qualcomm menyimpulkan untuk mengembangkan teknologinya sendiri saat HDR10 + bebas royalti dan tersingkap untuk dipakai oleh perusahaan mana pun.

Bekerja guna 5G?
5G telah menjadi pembicaraan warga dunia. Sementara jangkauan operator masih paling jarang sehingga eksistensi handphone 5G termasuk tidak terdapat gunanya. Rumor ketika ini mengindikasikan bahwa untuk mengisi pasar yang berkembang juga, Qualcomm sedang mempersiapkan dua versi Snapdragon 865.


Kita barangkali akan menyaksikan lebih tidak sedikit lagi lineup 5G/non-5G tahun depan. Saat ini, modem Snapdragon X50 5G ialah chip terpisah yang memakan ruang berharga di dalam telepon dan tidak seefisien bika terintegrasi. Modem 5G generasi kedua, Snapdragon X55, dinilai bakal menjadi lompatan besar ke depan dan menciut dalam ukuran yang lumayan untuk muat pada chip utama. 

Ini merupakan tahapan selanjutnya di jalan 5G menjadi fitur unggulan standar, namun sampai mayoritas negara mempunyai jaringan 5G yang layak. Jika tidak bakal tetap menjadi ekstra yang tidak butuh di masing-masing pasar.

Itulah sebabnya Snapdragon 865 pun akan terdapat tanpa modem 5G dan bisa jadi dengan harga yang lebih murah guna produsen. Sejauh ini tidak ada tuntunan tentang perbedaan beda antara kedua varian, tetapi saat rilis mendekati kita tentu akan menemukan detail tambahan. 

Namun, pasti saja, model 5G bakal lebih haus daya dan barangkali datang dengan persyaratan lebih lanjut supaya sesuai dengan keterampilan ekstra, seperti keperluan untuk antena 5G.

Merujuk tahun-tahun sebelumnya, chip Qualcomm baru bakal diluncurkan selama 5 Desember 2019. Artinya anda tidak akan menyaksikan ponsel kesatu yang bakal membawanya sebelum mula 2020. 


Samsung Galaxy S11 flagship bisa jadi akan menjadi sejumlah smartphone kesatu yang diluncurkan dengan chip baru sebab mereka seringkali perdana menjelang akhir Februari. Setelah itu, bakal ada tidak sedikit jajaran handset yang diperkaya perlengkapan Snapdragon 865 guna dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar